Pemetaan Batas Terluar Kedatuan Bayan – Kabupaten Lombok Utara

Santiri, 12 April 2020. Setelah melakukan beberapa kali diskusi dan berkunjung ke beberapa tokoh adat, mulai dari pemenang dan gangga di 15 titik wilayah kecamatan Bayan dan Kayangan, lalu dilanjutkan dengan pertemuan musyawarah besar di pantai sedayu (5 Oktober 2019). Didapat gambaran tentang peta batas luar kedatuan bayan, kenyataannya saat pemetaan Batas Luar, batasnya dari menanga reduh sampai Lombok timur (Tal Baluq), batas ini muncul saat berdiskusi dengan tokoh-tokoh Bayan dan Kayangan. Saat awal dibuat perkiraan batas kedatuan bayan ada di kecamatan bayan-kayangan.

Dari hasil diskusi dengan beberapa tokoh dan pertemuan di panti sedayu, dapat diperoleh gambaran tentang batas terluar kedatuan Bayan, dimulai dari batas timur pulau Lombok yaitu dari pantai sekitar Labu Pandan (daerah Tal 8/baluq) ke arah timur menyusuri Kokok Sambelia sampai pertemuan dengan Kokok Semareng, terus ke arah timur menyusuri Kokok Semareng sampai bertemu Gunung Mundung, dari gunung Mundung ke arah barat daya menyusuri perbukitan sampai Gunung Sengkor, dari Gunung Sengkor ke arah utara menyusuri perbukitan sampai bertemu Kokok Nangka, terus ke arah barat laut menyusuri Kokok Nangka sampai sekitar Gunung Seledra, dari Gunung Seledra ke arah barat daya menyusuri perbukitan sampai bertemu Gunung Bau, dari Gunung Bau ke arah barat daya sampai bertemu Gunung Pegangsingan, dari Gunung Pegangsingan ke arah selatan menyusuri perbukitan sampai bertemu Gunung Kendat, dari Gunung Kendat menyusuri perbukitan ke arah barat laut sampai bertemu Gunung Pusuk, dari Gunung Pusuk ke arah barat sampai bertemu Gunung Sanggar, dari Gunung Sanggar terus ke arah barat sampai bertemu Gunung Tembesi, dari Gunung Tembesi terus ke arah barat sampai bertemu Gunung Kondo, dari Gunung Kondo ke arah barat daya menyusuri lereng Rinjani sampai bertemu gunung Layur, dari Gunung Layur terus ke arah barat sampai bertemu Gundukan Tampole, dari Gundukan Tampole terus ke arah barat sampai bertemu Jalan Pusuk  menyusuri Jalan Pusuk ke arah selatan sampai batas Desa Pusuk Lestari menyusuri batas selatan Desa Pusuk Lestari melalui Bukit Plolat, Bukit Batupenyu, Bukit Kedongdong, sampai Gunung Duduk, dari Gunung Duduk menuju barat sampai bertemu bukit Lendangluar, dari Bukit Lendangluar menuju barat melalui Bukit Mangsit, dari Bukit Mangsit terus ke barat melalui Menanga Duh (Song Gigi) sampai laut. untuk batas terluar wilayah laut, disepakati hingga sejauh mata memandang (Saujana) dari tepi pantai.

Demikian hasil dari perjalanan Panjang diskusi dan pertemuan dengan para tokoh selama  beberapa bulan ini.  

Hasil dari pemetaan ini untuk selanjutnya akan dipresentasikan kembali di  dengan mengundang  para tokoh adat dilanjutkan dengan melakukan perbandingan peta (Overlay) terhadap peta yang ada di Kawasan Lombok Utara bersama dengan dinas dan pihak-pihak yang berkompeten. (Wa2n)

EnglishIndonesian