Karang Taruna Desa Medana Mulai Bergerak!

Acara Sosialisasi dan Pembekalan Karang Taruna Desa Medana

Tanjung – Vakum selama 1 periode kepengurusan baru kepala desa membuat para pemuda yang tergabung dalam keanggotaan karang taruna Desa Medana gusar. Pada tahun 2018 telah dilantik Kepala Desa terpilih Desa Medana, sejurus kemudian para pemuda melihat ini sebagai peluang untuk mengaktifkan kembali karang taruna sebagai salah satu upaya kontriibusi mereka kepada masayrakat. peluang ini disambut baik oleh kepala desa dan Bupati Kabuaten Lombok Utara yang mengamanatkan bahwa setiap Desa di Kabupaten Lombok Utara harus memiliki alokasi khusus untuk Karang Taruna.

Penyampaian Materi Delta Api

Gebrakan pertama yang dilakukan adalah merumuskan kembali commitment building, struktur kelembagaan, visi dan misi, serta program kerja. Kegiatan ini dilakukan dan di support penuh oleh desa melalui pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan Karang Taruna Desa Medana yang dilakukan pada Senin, 23 April 2018 lalu di Aula Kantor Desa Medana.

Santiri Foundation didapuk sebagai partner dalam peningkatan kapasitas pemuda Karang Taruna. Pemerintah Desa Medana beranggapan bahwa fasilitator atau trainer harus muda dan berpengalaman, karena yang dilatih adalah anak-anak muda. Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi dan Lingkungan Santiri Foundation, Gendewa Tunas Rancak didaulat sebagai delegasi Santiri Foundation untuk peningkatan kapasitas Pemuda.

kegiatan yang dihadiri 30 orang pemuda ini dilakukan menggunakan proses diskusi interaktif dan partisipatif. Banyak keseriusan yang sesekali terpecah karena kelakar bersama. dari kegiatan ini, para pemuda sudah lebih bisa memetakan stakeholder internal dan eksternal, road map yang sejalan dengan RPJMDes, perumusan Visi dan Misi Karang Taruna, serta kebutuhan program kerja yang akan dijalankan selama 6 tahun kedepan. setelah ini, para pemuda karang taruna akan menyusun Rencana Tindak Lanjut dan akan dikenalkan Denar inisiasi wirabaru dan wirausaha baru di Kabupaten Lombok Utara. (Dw)

EnglishIndonesian