Pelatihan Kerja Pertukangan tahap I di Dusun Trantapan – desa Karang Bajo

Santiri, 26 April 2019.pelatihan kerja yang dilakukan oleh Konsorsium Metadaya bekerjasama dengan Bina konstruksi PUPR di Bengkel Kerja Dusun Trantapan desa karang Bajo telah dimulai sejak tanggal 22 April 2019 dan berakhir tanggal 25 April 2019. Pelatihan kerja angkatan 1 ini dilakukan di bengkel kerja pertama dari Konsorsium Metadaya yaitu di dusun Trantapan, desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara dan menjadi starting point bagi pembangunan Rumah Sehat Instan berbahan dasar Kayu untuk warga terdampak gempa di Lombok. untuk tahap awal akan dikerjakan sebanyak 25 rumah untuk 2 kelompok Masyarakat di dusun Trantapan dan 38 rumah untuk 2 kelompok masyarakat di dusun Bual desa Bayan. Pelatihan ini diikuti oleh 35 tukang batu dan tukang kayu yang berada di kecamatan bayan, utamanya dari dua dusun keempat kelompok masyarakat. di hari pertama pelatihan diisi dengan pembukaan yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Ibu Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. pada hari kedua pelatihan dimulai dengan materi pengenalan jenis kayu dan pengenalan gambar rumah dilanjutkan dengan pembagian kelompok berdasarkan keahlian tukang yaitu tukang kayu dan tukang batu.

pembangunan rangka rumah

Hari ke tiga pelatihan dilakukan dengan pembagian tugas yang lebih spsifik pada kelompok tukang kayu dan tukang batu. agar kerja lebih sistematis dan cepat. sampai hari ke 3 pelatihan telah dilakukan perbaikan pondasi untuk dua rumah dan pembuatan kerangka rumah.pelatihan ini dimaksudkan agar para tukang dapat terbiasa bekerja dengan tim yang besar dengan cepat sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh PUPR.
pada hari keempat pembangunan rumah kayu dilanjutkan. sesuai target pelatihan ini diharapkan dapat terbangun satu rumah kayu. namun hal ini terkendala oleh keterbatasan bahan baku kayu hingga pembangunan ditunda sambil menunggu kedatangan kayu dari Kalimantan.

pembangunan pondasi rumah

selanjutnya para peserta beserta pelatih melakukan evaluasi tentang pelatihan selama 3 hari dan merencanakan tindak lanjut pembangunan serta sistem kerja dalam pembangunan rumah kayu untuk para pokmas yang telah melakukan perjanjian kerjasama dengan konsorsium Metadaya. (Wa2n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *