Menggagas Model PAUD Kepulauan

Foto Gili BeleqSantiri, 26/04/18. Pengembangan Model PAUD Pesisir dan Kepulauan telah digelar tanggal 24-04-2018 di Balai PAUD-Dikmas. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Konsolidasi Komunitas Delta Api, dan FGD Penyempurnaan dan Penguatan Model Pengembangan ‘Indonesia Kecil” dan Delta Api (Desa Ekologis, Tangguh dan Adaptif Perubahan Iklim yg diikuti oleh pegiat kepulauan se Indonesia. di Gili Beleq pada Oktober 2017 yg lalu. Kegiatan yang diselenggarakan bersama antara lain oleh Komunutas Sukma, Komunitas Delta Api, Santiri, DMtK dan yg lainnya, didukung oleh Pemda Lotim, Dirjen PKP Kemendesa, dan Dirjen PAUD-Dikmas. Merekomendasikan antara lain model pengembangan “Indonesia Kecil” di level Kawasan, dan pendidikan usia dini dan dikmas.

Sebelum FGD Pengembangan Model PAUD Kepulauan ini, telah dilakukan serangkaian diskusi di Warung Art Coffelago-Santiri dan Balai PAUD-Dikmas oleh tim kecil dari IKIP, Balai PAUD dan Santiri untuk menyamakan persepsi dan penyusunan draft desain, panduan dan kurikulum Model yg akan dikembangkan.

Rencana selanjutnya adalah menginput berbagai masukan dari FGD dan diskusi lapangan yang akan dilakukan hari Senin (30-04-2018) dalam draft desain yg sdh disusun. Harapannya dalam waktu dekat bisa diujuterapkan di Gili Marengkek, Gili Beleq dan Gili Ree, Kabupaten Lombok Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *